UIN Jakarta Masuk dalam Daftar Universitas Terbaik Dunia pada QS World University Ranking 2024

Read Time:2 Minute, 28 Second

warriorweeknow – Universitas Islam Negeri Jakarta Syarif Hidayatullah (UIN) meraih prestasi dunia dalam QS World University Rankings (QS WUR) grup Theology, Theology and Religious Studies 2024 dengan peringkat 101-140 internasional.

Kementerian Agama RI melaporkan pada Rabu, 17 April 2024, UIN Jakarta menjadi satu-satunya perguruan tinggi agama Islam milik negara (PTKIN) yang menduduki peringkat 122. Hal ini berdasarkan rilis QS World University Rankings 2024 by Subject: Theology, Theology and Religious Studies.

Publikasi diakses pada Senin, 15 April 2024 Peringkat kelompok Teologi, Teologi dan Agama berdasarkan empat indikator penilaian: reputasi akademik (52.9), kutipan per makalah (89.3), reputasi pemberi kerja (48) 101-140.

Menurut profesor. Asep Saepudin Jahar, MA, PhD, Rektor UIN Jakarta Syarif Hidayatullah Hasil pemeringkatan ini menempatkan UIN Jakarta sejajar dengan banyak perguruan tinggi kelas dunia dari berbagai daerah. Misalnya Universitas Freiburg, Universitas Cornell, Universitas Goethe Frankfurt, Universitas Nasional Seoul dan Universitas Leipzig di Jerman.

Beberapa universitas di seluruh dunia telah memiliki tradisi akademis yang kuat sejak didirikan. Misalnya, Universitas Freiburg, yang didirikan pada tahun 1457, termasuk dalam sepuluh universitas terbaik di Jerman.

Begitu pula dengan Goethe University Frankfurt yang didirikan pada tahun 1914, dikembangkan dengan semangat Pencerahan Eropa dan penolakan rasisme. Begitu pula dengan Cornell University yang didirikan di Ithaca, New York, AS pada tahun 1865, yang terus mengembangkan tradisi akademiknya.

Di dalam negeri, hanya Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universiti Indonesia (UI) yang ikut serta dalam pemeringkatan ini bersama dengan UIN Jakarta. UGM menduduki peringkat ke-61 secara global dan UI pada peringkat ke-130 secara global.

Sementara itu, Universitas Harvard, Universitas Oxford, Universitas Notre Dame, Universitas Cambridge, dan Universitas Eberhard Karls Tübingen termasuk dalam lima besar QS World University Rankings 2024 untuk bidang teologi, teologi, dan studi agama.

Asep Saepudin Jahar mewakili pimpinan dan civitas akademika UIN Jakarta menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak atas kerja kerasnya dalam mencapai seluruh aspek indikator pemeringkatan tersebut.

“Alhamdulillah kami ucapkan pada bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 ini, mata kuliah Teologi, Ketuhanan dan Ilmu Keagamaan di UIN Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta masuk dalam QS World University Rankings 2024,” ujarnya.

Apresiasi serupa juga disampaikan Perdana Menteri Asep Jahar kepada pimpinan Kementerian Agama yang UIN Jakarta mewakili Grup PTKIN masuk dalam daftar tersebut.

Beliau mengatakan: “Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan Kementerian Agama RI, dan Universitas Jakarta dapat ikut serta dalam pemeringkatan tersebut atas nama civitas universitas agama Islam.”

Program internasionalisasi Universitas Islam Negeri Jakarta konsisten dalam mencapai peringkat tersebut. Di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. PhD. Untuk itu, Asep Saepudin Jahar membentuk Kelompok Kerja Universitas Kelas Dunia (WCU).

Salah satu tujuan utama tim adalah meningkatkan mutu dan prestasi akademik UIN Jakarta agar sejajar dengan kampus kelas dunia. Kedepannya, mereka mengupayakan UIN Jakarta menduduki peringkat 127 QS Asia Tenggara dan peringkat 751-800 QS Asia Tenggara. Acer mentransformasikan Guraru untuk memberikan manfaat dalam meningkatkan pembelajaran. Dengan bergabung dalam platform Guraru yang telah bertransformasi, para pendidik akan memperoleh banyak manfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. warriorweeknow.co.id 3 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Sorry, you have been blocked
Next post MG Ungkap Mobil Listrik yang Akan Meluncur di IIMS 2024: Station Wagon Berdesain Sporty