0 0
Trafik Internet Melonjak Saat Pemilu 2024, Banyak Pelanggan Telkomsel Penasaran Hasil Quick Count - PORTAL BERITA

Trafik Internet Melonjak Saat Pemilu 2024, Banyak Pelanggan Telkomsel Penasaran Hasil Quick Count

Read Time:1 Minute, 56 Second

 

 

warriorweeknow, Jakarta – Telkomsel diklaim sukses melayani masyarakat Indonesia pada pemilu 2024, menurut data, pada Rabu 14 Februari 2024, trafik Internet di jaringan Telkomsel mencapai 54,14 petabyte.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan trafik Internet sekitar 8,41 persen pada tahun 2024 dibandingkan rata-rata trafik Internet normal pada siang hari.

Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamast Bramono mengatakan, Telkomsel mendukung program pemerintah khususnya di bidang komunikasi dan memberikan pengalaman digital kepada pelanggan.

“Untuk mendukung kelancaran pemilu 2024, Telkomsal memastikan persiapan infrastruktur jaringan, sehingga layanan komunikasi digital dapat beroperasi tanpa gangguan atau gangguan,” kata Saki.

Saki juga mengatakan, pertumbuhan lalu lintas komunikasi dan layanan digital pada pemilu 2024 didorong oleh peningkatan aktivitas pelanggan dalam menggunakan layanan digital.

Misalnya, akses video meningkat 13,2 persen, akses jejaring sosial meningkat 9,8 persen, layanan komunikasi chatting dan pesan meningkat 4,56 persen, web browsing meningkat 9,4 persen, dan game 17,7 persen.

Sehari menjelang pemungutan suara, Telkomsal melaporkan adanya peningkatan trafik layanan suara sebesar 10,4 persen dibandingkan rata-rata hari normal pada tahun 2024. Sementara trafik layanan SMS mengalami penurunan sebesar 5 persen.

Akses terhadap aplikasi digital juga meningkat. Misalnya TikTok mencapai 21 persen, Instagram 13,7 persen, WhatsApp 6,5 persen, Facebook 6,2 persen, dan YouTube 4,2 persen.

Peningkatan seluruh aktivitas digital dikatakan didorong oleh, antara lain, distribusi informasi terkait pemilu dan akses terhadap hasil pemungutan suara secara instan.

Telkomsel mengatakan, penyebaran informasi terkait pemilu dan hasil penghitungan awal turut berkontribusi terhadap peningkatan trafik layanan data di lokasi sibuk dibandingkan hari biasa.

Misalnya di KPU Kabupaten Merauke trafik meningkat 269,6 persen, kemudian di STO Samarinda trafik meningkat 128,2 persen.

Kemudian, di KPU Kabupaten Bowen Digoel, trafik internet meningkat sebesar 42,9 persen. Begitu pula di KPU Bener Meria yang mengalami peningkatan trafik sebesar 37,2 persen. Selain itu, KPU Daerah Samosir juga mencatat adanya peningkatan lalu lintas sebesar 23,5 persen.

Telkomsel sebelumnya telah memastikan kesiapan infrastruktur untuk menjaga akses komunikasi di seluruh Indonesia pada saat pemilu dan penghitungan suara, hingga pengumuman hasil pemilu.

Operator pelat merah ini mengoptimalkan jaringan di 680 titik sibuk, termasuk titik operasional KPU, Bawaslu, dan tempat-tempat penting yang menjadi fokus perhatian saat pemilu.

Telkomsel juga telah membuat 13 posko di seluruh area fungsional perusahaan untuk memantau intensitas dan kesiapan jaringan secara real time.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %