0 0
Profil Onno W Purbo, Wakil Rektor ITTS yang Jadi Pelopor IT di Indonesia  - PORTAL BERITA

Profil Onno W Purbo, Wakil Rektor ITTS yang Jadi Pelopor IT di Indonesia 

Read Time:1 Minute, 39 Second

JAKARTA – Debat Pilpres 2024 terakhir digelar pada Minggu (2 April 2024). 12 anggota juga diundang ke pertemuan ini. Salah satunya adalah Wakil Presiden Institut Teknologi Tangsel (ITTS) Ono Widodo Borbo.

Onno dikenal sebagai pakar IT. Pria kelahiran Bandung 17 Agustus 1962 ini dikenal sebagai pionir dunia teknologi informasi di Indonesia. Selain ahli, Ono juga dikenal sebagai penulis, guru, dan dosen seminar. Karya inovatifnya adalah Wajanbolic, sebagai upaya komunikasi Internet murah tanpa kabel dan RT/RW-Net sebagai jaringan komputer komunitas untuk sosialisasi Internet murah, serta penerapan Open BTS.

Onno juga aktif dalam beberapa proyek penting terkait pengembangan Internet dan jaringan pendidikan di Indonesia. Ono lulus dari ITB dengan jurusan teknik elektro pada tahun 1981. Ia lulus dengan predikat wisudawan terbaik.

Pada tahun 1989 melanjutkan studi di Kanada dengan beasiswa PAUME. Ono berhasil memperoleh gelar PhD dari University of Waterloo di Kanada, dengan spesialisasi teknologi sirkuit terpadu satelit.

Ono telah menghasilkan banyak karya, berupa disertasi online gratis, buku, publikasi internasional, dan distribusi Linux. Kontribusinya diakui tidak hanya di dalam negeri, tapi juga internasional.

Pada tahun 2020, Onno menerima Jonathan B Postel Service Award dari Internet Society (ISOC) atas jasanya di bidang Internet. Ini merupakan salah satu dari berbagai penghargaan yang mewakili kontribusi Onn terhadap pengembangan dan pemahaman teknologi dan Internet.

Onno Purbo berupaya memberikan layanan internet gratis kepada masyarakat. Onno bahkan membagikan ilmunya tentang cara menciptakan internet gratis dan segala hal tentang teknologi jaringan di lms.onnocenter.or.id yang juga dikenal dengan People’s eLearning.

Terkait keikutsertaannya sebagai panelis pada debat capres 2024, Onno menceritakan pengalamannya melalui kanal YouTube Onno Center. Ia menjelaskan alasan pemilihannya oleh KPU sebagai salah satu anggota panitia.

“Saya kira KPU memilih saya karena saya punya kemampuan IT. Saya juga seorang dosen dan guru. Saya banyak berkomunikasi dengan teman-teman di bidang startup,” kata Ono.

Ono pun menjelaskan latar belakang proses pembuatan pertanyaan ketiga calon presiden tersebut. Seperti diketahui, debat terakhir Pilpres 2024 membahas isu kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %