Pentingnya Kesehatan Mental di Dunia Kuliah

Read Time:2 Minute, 28 Second

Megamendung – Kesehatan mental masih menjadi topik yang sangat penting. Dalam rangka Diesnya yang ke 10, Universitas MH Thamrin (UMHT) mengajak remaja dan mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental khususnya di kampus.

Rektor Universitas MH Thamrin, dr. Daeng Mohammad Faqih SH, MH mengatakan, dalam rangka HUT kali ini, pihaknya ingin menjalin kerja sama dengan Jalur Golongan (UMHT), termasuk di bidang kesehatan yakni RS MH Thamrin Cileungsi (anggota RS Radjak).

“Dalam rangka HUT ini, kami ingin bekerjasama dengan seluruh lini kelompok UMHT, khususnya di bidang kesehatan, di rumah sakit. Kami memutuskan untuk bekerja sama dengan RS MH Thamrin, anggota Radjak Hospital Group, untuk mendorong generasi muda masyarakat agar lebih menjaga kesehatan mentalnya, terutama pada masa studinya” – ungkapnya saat seminar kesehatan mental di World Health College pada Selasa, 11 Juli 2023 di Ngopi Lumbung Padi, Megamendung, Puncak.

Dr Daeng, isu kesehatan mental menjadi topik penting di kalangan milenial dan cukup menjadi perbincangan hangat.

“Kita melihat isu-isu yang sedang tren di kalangan generasi milenial, salah satunya adalah kesehatan mental. Lalu bagaimana kita bisa mendorong generasi muda untuk mengenali gejala-gejala gangguan mental dan belajar bagaimana cara menghindarinya,” tambah Dr. Daeng.

Dalam seminar ini hadir dr Pangeran Erickson Arthur Siahaan, Sp.Kj selaku dokter spesialis kejiwaan RS MH Thamrin Cileungsi. Ia juga menjelaskan cara dan tips yang ia ketahui untuk mencegah gangguan jiwa saat masuk atau menghadapi perguruan tinggi.

“Kita generasi milenial, calon mahasiswa, para mahasiswa ini harus bisa mengenal diri sendiri dan mengetahui batasan diri. Ayo kita lakukan apapun yang kita anggap bisa membangun kita lebih baik, kita bisa bertemu dengan orang-orang yang bisa menjadikan kita terbaik,” jelasnya.

Menurutnya, teknologi juga mempengaruhi kesehatan mental: “Penggunaan teknologi juga berperan dalam kesehatan mental, sehingga kita perlu menggunakan teknologi secara hemat dan disiplin, seperti halnya gadget. »

Sebagai informasi tambahan, Universitas MH Thamrin hendak memperkenalkan fakultas kedokteran, namun masih menunggu kebijakan pemerintah. Demikian disampaikan Dr Daeng.

“Sebenarnya sejak tahun 2019 kita sudah siap membangun sekolah kedokteran, gedungnya sudah ada di Salemba, peralatannya sudah ada, tenaga kesehatannya juga sudah siap, tapi kita tetap mengikuti aturan politik pemerintah. kebijakan pemerintah akan memberi kita kesempatan untuk membuka sekolah kedokteran ini,” kata dr Daeng.

Menurutnya Fakultas Kedokteran Universitas MH Thamrin akan membantu mencerdaskan anak bangsa di daerah yang termasuk dalam kategori 3T (tertinggal, perbatasan dan marginal).

“Pemerintah saat ini masih kesulitan dalam menyalurkan tenaga kesehatan khususnya dokter, oleh karena itu kami ingin anak-anak 3T di tanah air dapat mengenyam pendidikan sekolah agar dapat membantu di daerahnya sendiri”

Perlu diketahui, kegiatan seminar kesehatan ini merupakan kerjasama dengan program Confide Dong Dok, yaitu wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan konseling kesehatan jiwa dari pakar kesehatan jiwa rumah sakit dan psikolog Radjak.

Masyarakat dapat bertanya seputar masalah kesehatan jiwa melalui media sosial Instagram @RadjakHospital atau langsung menghubungi tim psikiater cabang RS Radjak. Mahasiswa BEM Unram menerobos masuk ke hotel tempat menginap Jokowi dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mataram Paspampres menangkap dan membobol hotel tempat menginap Presiden Jokowi di Mataram. warriorweeknow.co.id 1 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Shin Tae-yong Disebut Pelatih Bola Paling Sibuk Oleh Media Vietnam
Next post Pesawat Ruang Angkasa ESA Memotret Pemandangan Indah Gunung Berapi Mars