Peningkatan Keamanan Siber di Sektor Keuangan: Sertifikasi Sebagai Langkah Proaktif Hadapi Ancaman

Read Time:1 Minute, 48 Second

warriorweeknow Digital – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan bahwa sektor keuangan merupakan salah satu industri yang paling terkena dampak kejahatan siber.

Keuangan Tren lalu lintas internet Indonesia yang luar biasa menunjukkan angka yang luar biasa, khususnya 1,6 miliar insiden pada tahun 2021 dan 976,4 juta insiden pada tahun 2022, kata Direktur Keamanan Siber dan Sandi BSSN Bidang Perdagangan dan Pariwisata Prima. 151,4 juta kasus pada tahun 2023.

“Setelah administrasi pemerintahan dan energi, sektor keuangan menempati urutan ketiga sebagai sektor yang paling terkena dampak gangguan Internet. Serangan Ransomware akan terus mengancam sektor keuangan pada tahun 2023, dengan 966.533 dari 160 juta varian malware yang dicatat oleh BSSN diidentifikasi sebagai ransomware,” kata Forum Eksekutif Keuangan: Masa Depan Digitalisasi dan Mitigasi Kejahatan Dunia Maya 45 .

Sektor keuangan modern saat ini bergantung pada penggunaan teknologi dan platform digital. Dampak dan risiko dari ketergantungan ini antara lain pencurian data; Hal ini membuka peluang terjadinya ancaman siber seperti peretasan sistem dan melumpuhkan seluruh sistem operasional penyedia jasa keuangan.

Oleh karena itu, untuk mengidentifikasi risiko keamanan informasi pada organisasi penyedia Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP); Kita memerlukan kerangka kerja untuk menganalisis dan mengevaluasi. Pelaku industri sedang mempertimbangkan langkah proaktif dengan mengevaluasi manajemen teknologi dan menerapkan standar keamanan informasi seperti ISO 27001:2013.

Misalnya saja Jalin, salah satu penyedia infrastruktur sistem pembayaran, yang telah tersertifikasi ISO 27001:2013 dan ISO 9001:2015 sebagai wujud komitmen perusahaan dalam menerapkan keamanan informasi dan manajemen kualitas yang andal bagi seluruh anggota perbankan dan fintech.

Selain itu, Jal juga telah menerima sertifikasi Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran (PCI-DSS) versi 3.2.1 dan Nomor Identifikasi Pribadi Industri Kartu Pembayaran (PCI-PIN) versi 3.1 dari Network Intelligence Pvt. Ltd. adalah agen siber global yang menetapkan standar dalam industri pembayaran.

Perolehan kedua sertifikasi tersebut menjadikan Jal sebagai Penyedia Layanan Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) pertama di Indonesia yang sekaligus memegang sertifikasi PCI-DSS dan PIC-PIN, sehingga meningkatkan keamanan nasabah bank dalam melakukan pembayaran menggunakan kartu ATM/debit. Prakiraan Musim untuk Senin 29 April; Leo berhati-hati dengan uang. Ramalan Horoskop Senin 29 April 2024. Menyimpan uang penting bagi Leo saat ini. warriorweeknow.co.id 29 April 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Zayyan Xodiac Tertangkap Kamera Sholat Idul Fitri di Seoul hingga Makan Ketupat Lebaran
Next post Daihatsu Pastikan Pulih dari Skandal pada Akhir 2024