0 0
Kerang Raksasa Ini Lahir pada Tahun 1499 Masehi - PORTAL BERITA

Kerang Raksasa Ini Lahir pada Tahun 1499 Masehi

Read Time:1 Minute, 0 Second

Beijing – Kerang laut raksasa (Arctica Islandica) yang ditemukan di lepas pantai Islandia pada tahun 2006 sungguh luar biasa. Dengan perkiraan usia 507 tahun, hewan ini ditetapkan menjadi hewan non-kolonial tertua.

Umur cangkang ini dihitung dengan melihat pertumbuhan cangkang dengan cara yang sama seperti menghitung umur pohon.

IFL SCIENCE melaporkan bahwa para ilmuwan memperkirakan usianya sekitar 405 tahun, namun penanggalan radiokarbon kemudian menunjukkan usianya jauh lebih tua.

Lahir sekitar tahun 1499 M pada masa Dinasti Ming Tiongkok, kerang ini dijuluki “Ming” oleh media. Penemuannya mengingatkan kita akan keajaiban dan ketahanan kehidupan di laut, serta mendorong kita untuk lebih memahami dan melindungi ekosistem laut yang rapuh.

Umur yang luar biasa: 507 tahun jauh melampaui umur hewan non-kolonial lainnya. Rekor sebelumnya dipegang oleh cangkang zamrud Arenaria berusia 220 tahun.

Cangkang Ming berada dalam kondisi baik pada saat ditemukan, meskipun usianya sudah tua. Hal ini menunjukkan ketahanan dan kemampuan spesies tersebut untuk bertahan hidup di lingkungan laut yang keras.

Cincin pertumbuhan krustasea bertindak sebagai buku catatan sejarah, memberikan para ilmuwan informasi berharga tentang kondisi lingkungan laut selama berabad-abad.

Penemuan kerang merupakan pengingat akan keajaiban dan keanekaragaman alam. Hal ini juga menunjukkan pentingnya melestarikan ekosistem laut yang menjadi rumah bagi makhluk menakjubkan tersebut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %