Inilah Waktu Sarapan Terbaik Buat Pengidap Diabetes Tipe 2

Read Time:1 Minute, 19 Second

warriorweeknow, JAKARTA – Bagi penderita diabetes tipe 2, sarapan sangatlah penting.

Faktanya, tubuh memiliki jam internal alami yang mengatur banyak proses, mulai dari tidur hingga sinyal lapar. Jam alami ini memengaruhi cara tubuh memproses gula sepanjang hari, menciptakan jendela ideal kapan penderita diabetes tipe 2 harus sarapan.

Tara Bruni, spesialis diabetes di St Thomas’ NHS Foundation Trust di Inggris, mengatakan sarapan adalah waktu terbaik untuk makan. Menurutnya, jam internal alami mengatur metabolisme dan fungsi tubuh secara berbeda tergantung waktu.

“Di pagi hari, tubuh sudah siap menangani gula secara efektif, artinya bisa mengatur kadar gula darah secara efektif. Hal ini karena resistensi insulin kita lebih kuat dan kemampuan kita memproses glukosa berada pada puncaknya,” kata Bruni. Ekspres, Senin (26/22024).

Di siang hari, terutama sore dan malam hari, tubuh memproses gula lebih efisien dan mengatur kadar gula darah. Oleh karena itu, sarapan pagi yang “tepat waktu” dapat membantu menyelaraskan kebiasaan makan dengan ritme alami tubuh.

Hal ini memastikan bahan bakar dalam bentuk makanan berada pada posisi terbaik untuk ditangani oleh tubuh. Hasilnya, membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil sepanjang hari.

Bruni mengatakan waktu terbaik bagi penderita diabetes tipe 2 untuk sarapan adalah dua jam setelah bangun tidur, dan paling lambat jam 10 pagi. Hal ini terutama mempengaruhi cara tubuh menggunakan glukosa setelah makan siang.

“Efek ini, yang disebut ‘efek makanan kedua’, berarti meskipun Anda makan siang yang sama, kenaikan gula darah Anda lebih sedikit dibandingkan jika Anda sarapan,” kata Bruni.

Studi menunjukkan bahwa sarapan menurunkan gula darah setelah makan siang dan makan malam. Selain itu, Bruni menjelaskan proses pendaftaran bagi penderita diabetes tipe 2.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Baru Satu Tahun Diluncurkan, Gim Lokal ‘Paw Rumble’ Tembus 2 Juta Unggahan!
Next post BMW Bakal Gugat BYD soal Nama Dolphin Mini