Ini Jawaban Ilmiah Nyamuk Suka Menghisap Darah

Read Time:1 Minute, 20 Second

CALIFORNIA – Hanya sedikit orang yang bertanya-tanya mengapa nyamuk suka minum darah. Biasanya pertanyaan ini sering muncul di benak seseorang yang menjadi korban gigitan nyamuk.

Faktanya, nyamuk diketahui memakan nektar dan zat manis lainnya yang ditemukan pada tumbuhan. Mengapa nyamuk menghisap darah?

Laporan dari Mosquitojoe, Jumat (3/1/2024) Nyamuk menghisap darah karena membutuhkan nutrisi seperti zat besi, protein, dan asam amino. Makanan ini tidak bisa didapat dari makanan tanpa darah.

Khusus nyamuk betina, mereka membutuhkan nutrisi yang ada di dalam darah untuk bertelur. Dan perlu ditegaskan, upacara penghisapan darah hanya dilakukan oleh nyamuk.

Rata-rata, seekor nyamuk betina bertelur sekitar 100 butir sekaligus, dan kebanyakan dari mereka menghasilkan sekitar sepuluh anak seumur hidupnya. Tanpa asupan darah yang tepat, sel telur tidak akan bisa berkembang setelah kawin.

Saat ini nyamuk jantan tidak meminum darah dan hanya memakan nektar dan zat manis lainnya. Bisa dikatakan darah manusia merupakan makanan tercepat dan paling mujarab bagi nyamuk betina.

Dibandingkan dengan hewan penggigit seperti anjing, kucing, kuda dan mamalia lainnya, manusia lebih mudah menelan darah karena tidak dilindungi oleh bulu. Faktanya, nyamuk juga menghisap darah reptil seperti ular dan kadal, namun hal ini bukanlah hal yang baik.

Meskipun nyamuk bukan predator terbesar di dunia, mereka lebih menyukai golongan darah tertentu dibandingkan golongan darah lainnya. Nyamuk mencium golongan darah seseorang sebelum menggigit.

Misalnya, orang yang bergolongan darah O adalah hadiah yang sangat menarik bagi nyamuk. Wanita hamil juga lebih sering digigit nyamuk dibandingkan wanita lain karena menghasilkan feromon yang menarik nyamuk.

Nyamuk juga tertarik pada manusia karena manusia melepaskan lebih banyak karbon dioksida dibandingkan hewan lain. Nyamuk memiliki reseptor yang mendeteksi karbon dioksida.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Hasil Studi: Kecemasan dan Depresi Meningkat Tajam Setelah Pemilu 2024, Ini Sebabnya
Next post Sebanyak 40 Persen Pekerjaan di Seluruh Dunia akan Terdampak AI