0 0
Hindari Empat Kebiasaan yang Membuat Konsumsi Motor Matik Jadi Lebih Boros - PORTAL BERITA

Hindari Empat Kebiasaan yang Membuat Konsumsi Motor Matik Jadi Lebih Boros

Read Time:1 Minute, 30 Second

warriorweeknow – Sepeda motor merupakan produk otomotif yang paling banyak digunakan di Indonesia. Apalagi efisiensi bahan bakar (BBM) pada sepeda motor matic bisa hilang jika tidak paham cara menggunakannya.

Jika Anda ingin mengendarai sepeda motor matic irit. Setidaknya ada empat tindakan yang harus dilakukan agar klub motor tidak bangkrut.

Berikut empat praktik yang sebaiknya dihindari agar sepeda motor matic dapat berfungsi dengan baik, dihimpun dari berbagai sumber: Contoh penggunaan sepeda motor matic [PT AHM].

Tambah gas secara tiba-tiba

Sepeda motor matic berbeda dengan sepeda motor kopling dan moped. Untuk sepeda motor manual, konsumsi bahan bakar tergantung pada kecepatan sepeda motor.

Bedanya dengan sepeda motor matic adalah berguna untuk menempuh jarak jauh. Cara membuka throttle pelan-pelan dan mantap. Motor matic akan otomatis offline ketika pengendara langsung membuka tempat sampah. Oleh karena itu, semakin halus kecepatan beloknya, semakin banyak pula bahan bakar yang dikonsumsi.

Matikan gas segera

Jika tidak bisa langsung dibuka, tidak bisa ditutup secara tiba-tiba. Mematikan sepeda motor secara tiba-tiba akan menyebabkan sepeda motor mogok dan motor matic akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak pada saat tersebut.

Misalnya pada jalan sepanjang 100 km, mengendarai sepeda motor matic akan lebih menguntungkan jika melaju dengan kecepatan 70 hingga 80 km per jam dibandingkan berkendara naik turun.

Pertambahan berat badan

Kelebihan berat badan di mana-mana adalah salah. Selain membuat suspensi bekerja lebih keras, oli juga akan lebih cepat turun. Karena jelas untuk mengangkat beban berat dibutuhkan tenaga yang lebih besar. Dampaknya adalah konsumsi bahan bakar.

Gunakan bahan bakar dengan oktan rendah

Konsumsi bahan bakar juga berdampak besar terhadap layak atau tidaknya bahan bakar suatu mobil. Jika selalu menggunakan angka oktan yang benar, penggunaan bahan bakar akan lebih hemat dibandingkan menggunakan bahan bakar dengan angka oktan rendah untuk angka tersebut.

Padahal, penggunaan bahan bakar berkualitas baik dan beroktan tinggi dapat membantu menjaga umur sepeda motor.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %