Hasil Manis Tuan Rumah Piala Afrika dan Piala Asia 2023, Sama-sama Melaju ke Final

Read Time:2 Minute, 14 Second

QATAR – Ada kemiripan antara Piala Asia 2023 dengan Piala Afrika 2023 yang sebentar lagi akan mencapai final. Kedua tim tuan rumah melaju ke final.

Di Piala Asia, Timnas Qatar sebagai tuan rumah sekaligus juara bertahan melaju ke final. Maroon akan bertemu Timnas Yordania yang merupakan pertama kalinya mereka mencapai final.

Sedangkan di Piala Afrika, tuan rumah Timnas Pantai Gading melaju ke final. Les Elephants ditantang Timnas Nigeria.

Meski demikian, tak banyak perbedaan antara kedua tuan rumah. Qatar bisa melaju mulus, sementara Pantai Gading terseok-seok di babak penyisihan grup.

Qatar mengalahkan Lebanon, Tajikistan, dan China untuk lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup A.

Tim Maroon kemudian melewati Palestina, Uzbekistan, dan Iran untuk lolos ke final Piala Asia dua kali berturut-turut.

Pelatih timnas Qatar Marquez Lopez mengatakan strategi permainannya adalah menyerang dengan menggunakan pemain cepat seperti Homam Ahmed, Yusuf Abdurisag, Akram Afif, dan Almoez Ali yang berhasil menghancurkan pertahanan Iran.

Pada babak semifinal yang digelar di Stadion Al Thumama, Al Rayyan, Rabu (7/2), timnas Qatar berhasil mengalahkan Iran dengan skor 3-2.

“Kami mencoba bermain dengan kecepatan tinggi dalam menyerang. Kami menempatkan empat pemain di lini serang yang kami tahu cepat,” kata Lopez, dilansir dari AFC, Kamis.

“Kami mencoba mencari tempat di belakang pertahanan Iran. Kami berhasil dan keberuntungan menyertai kami hari ini. Kami akan merayakan kemenangan ini hari ini dan besok kami akan mulai mempersiapkan pertandingan terakhir,” ujarnya.

Pantai Gading Bangkit dari Lubang Jarum

Pantai Gading berjuang keras di babak penyisihan grup dan hanya lolos ke babak 16 besar dengan status best-of-three.

Ini seperti mimpi, kalau melihat dua pekan lalu, ada kekalahan di sini melawan Guinea Ekuatorial,” kata pelatih Pantai Gading Emerson Fae seperti dilansir AFP, Kamis.

Sulit membayangkan kami bisa mencapai final, kata mantan gelandang klub Prancis Nice itu.

Di babak penyisihan grup, tim berjuluk The Elephants kalah 0-4 dari Equatorial Guinea dan 0-1 dari Nigeria. Pantai Gading hanya bisa mengamankan kemenangan 2-0 atas Guinea Bissou.

Hasil tipis ini berujung pada pemecatan pelatih Pantai Gading sebelumnya, Jean-Louis Gasset. Emerse Fae yang berstatus asisten kemudian ditunjuk sebagai pelatih sementara.

Di luar dugaan, Fee mampu mengubah permainan Pantai Gading menjadi lebih efektif. Kemenangan adu penalti diraih atas Senegal di babak 16 besar, menang 2-1 melawan Mali di perempat final meski Pantai Gading hanya bermain dengan 10 orang di penghujung babak pertama.

Di semifinal, Pantai Gading mengalahkan DR Kongo 1-0. Mereka pun memastikan diri ke final dan akan bertemu Nigeria. Dihujani air sadah, Faisal Halim mencetak gol terbaik Piala Asia 2023. Sosok pemain timnas Malaysia Faisal Halim muncul. Pria berusia 26 tahun itu menderita luka bakar setelah diserang orang tak dikenal dengan cairan asam. warriorweeknow.co.id 7 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Pedagang Buang 10 Ton Pepaya di Kramat Jati karena Harga Anjlok
Next post Sorry, you have been blocked