Freeport Setor Rp 3,35 Triliun kepada Pemprov Papua Tengah

Read Time:1 Minute, 21 Second

warriorweeknow, JAKARTA — PT Freeport Indonesia (PTFI) menyetorkan sekitar Rp3,35 miliar saham daerah dari laba bersih perusahaan tahun 2023 ke Pemerintah Provinsi Papua Tengah, kabupaten penghasil, dan kabupaten lainnya di Provinsi Papua Tengah.

Pembayaran laba bersih bagian daerah merupakan wujud komitmen perseroan dalam mendorong peningkatan perekonomian pemerintah daerah, kata Direktur Utama PTFI Tony Wenas saat dikonfirmasi ANTARA dari Jakarta, Rabu (17/4/2024). .

Tony merinci dana sekitar Rp 3,35 triliun yang dibagi ke Pemprov Papua Tengah sekitar Rp 839 miliar sekitar Rp 1,4 triliun. Sedangkan kabupaten lain di Provinsi Papua Tengah yakni Nabire, Paniai, Puncak, Puncak Jaya, Dogiyai, Deiyai ​​​​​​dan Intan Jaya masing-masing menerima sekitar Rp 160 miliar.

“Pada tahun 2023, PTFI mampu memproduksi 1,65 miliar pon tembaga dan 1,97 juta ons emas,” ujarnya.

Dari kinerja operasional PTFI, PTFI mencatatkan laba bersih sebesar US$3,16 miliar atau setara Rp48,79 triliun (asumsi Rp15.439 per dolar AS).

Secara keseluruhan, penerimaan negara baik berupa pajak, royalti, dividen, dan pajak lainnya mencapai lebih dari Rp 40 triliun pada tahun 2023, termasuk kontribusi kepada daerah sebesar lebih dari Rp 9 triliun.

Tony menambahkan, PTFI juga tetap berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya melalui berbagai program investasi sosial. Pada tahun 2023, nilai investasi sosial PTFI akan mencapai kurang lebih Rp 2 triliun dan akan terus tumbuh sekitar US$100 juta atau Rp 1,5 triliun per tahun hingga tahun 2041.

“Keberhasilan kami sebagai perusahaan adalah ketika masyarakat di lingkungan sekitar wilayah operasi meningkat taraf hidup dan kesejahteraannya. Kami akan terus tumbuh dan berkembang bersama Papua hingga berakhirnya operasi penambangan pada tahun 2041,” kata Tony .

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Jepang Resesi, Kemenkeu akan Kaji Ulang Penerbitan Samurai Bond
Next post Nahas, Jari Bayi Ini Terputus Digigit Kelinci Tak Bisa Disambung Lagi