0 0
Bukan Garam, Ini 2 Bahan Dapur yang Efektif Hilangkan Rasa Pahit pada Pare - PORTAL BERITA

Bukan Garam, Ini 2 Bahan Dapur yang Efektif Hilangkan Rasa Pahit pada Pare

Read Time:2 Minute, 46 Second

warriorweeknow, Jakarta Pare pada dasarnya memiliki ciri khas rasa pahit. Namun masih banyak orang yang mengonsumsi sayuran hijau ini. Ada yang menikmati rasa pahit khas pare, ada pula yang mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan memperoleh vitamin atau nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Pare memang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Menurut informasi dari redrickshaw.com, pare mengandung nutrisi penting seperti zat besi, magnesium, potasium, vitamin C, dan vitamin A. Nutrisi tersebut mungkin berperan dalam menjaga kesehatan saraf, mengatur gula darah, bahkan menurunkan risiko batu ginjal. pembentukan.

Namun, banyak orang yang enggan mengonsumsi pare karena rasa pahitnya yang kuat. Namun, rasa pahit pada pare sebenarnya bisa dikurangi dengan pengolahan yang tepat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa pahit pada pare.

Salah satu cara yang sering diterapkan adalah dengan menggunakan garam. Artinya irisan pare akan diremas dengan garam. Proses ini diduga dapat mengurangi sari buah yang menjadi penyebab utama rasa pahit pada pare. Namun, ada beberapa kasus dimana metode ini tidak terlalu efektif. Meski garam sudah beberapa kali direndam, rasa pahitnya masih terasa. Oleh karena itu, sebagian orang lebih memilih cara lain untuk menghilangkan rasa pahit pada pare.

Simak informasinya berikut ini yang dirangkum dari salah satu pengguna TikTok, @trihartatiiii, pada Senin (3/6/2024).

Seorang pengguna TikTok dengan akun @trihartatiiii mencoba cara berbeda untuk mengatasi rasa pahit pada pare. Dalam video yang dibagikannya, ia mengatakan bahwa cara yang ia gunakan lebih efektif dibandingkan merendam pare dalam garam. Dalam caranya, pengguna TikTok tersebut menggunakan dua bahan dapur lainnya.

Bahan dapur yang digunakan dua buah asam jawa dan daun jambu biji. Sebagai alternatif perendaman garam, pare dibuat dengan cara dimasak menggunakan dua bahan tersebut. Khasiat asam jawa dan daun jambu biji diharapkan mampu menghilangkan sari-sari penyebab rasa pahit pada pare. Dengan demikian, proses pemasakan pare diharapkan dapat mengurangi rasa pahitnya secara signifikan.

Tahap selanjutnya siapkan pare secukupnya. Kemudian iris pare seperlunya tergantung jenis masakan yang Anda siapkan. Dalam sebuah video di platform TikTok, akun @trihartatiiii memperlihatkan cara memotong pare menjadi potongan-potongan bulat dan berukuran cukup besar, mengingat akan diolah menjadi siomay. Setelahnya, angkat dan buang bagian dalam pare hingga benar-benar bersih.

Kemudian panaskan air dalam panci hingga mendidih. Setelah itu tambahkan beberapa potong asam jawa dan 5 lembar daun jambu biji. Aduk rata lalu masak hingga asam jawa larut dan daun layu.

Kemudian masukkan potongan pare yang sudah disiapkan dan dibersihkan sebelumnya. Rebus pare selama 10 menit saja. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Agar pare lebih bersih sarinya dan tidak terlalu pahit, sebaiknya bilas kembali dengan air mengalir untuk hasil yang optimal.

Pare yang sudah matang bisa langsung diolah. Selain sebagai bahan pembuatan siomay, pare juga bisa dimakan langsung sebagai lalapan. Bahkan bisa dicampur dengan berbagai bumbu untuk menambah kelezatannya. Dengan menghilangkan rasa pahitnya, pare menjadi lebih nikmat untuk dinikmati.

Rasa pahit pada pare disebabkan oleh senyawa alkaloid momordisin yang termasuk dalam golongan cucurbitacin.

Jus pare ternyata bisa membantu dalam pengobatan penyakit wasir atau yang sering disebut dengan wasir. Ini terjadi akibat peradangan pada aliran darah di bagian bawah rektum atau anus. Selain dijadikan jus pare, akar pare juga bisa dijadikan pasta untuk mengatasi masalah ambeien.

Pare mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sehingga berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, pare juga berperan dalam menjaga tekanan darah tetap normal dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %