0 0
Bendungan Sepaku Semoi akan Dimanfaatkan Sebagai Sumber Listrik IKN - PORTAL BERITA

Bendungan Sepaku Semoi akan Dimanfaatkan Sebagai Sumber Listrik IKN

Read Time:1 Minute, 15 Second

warriorweeknow, PENAJAM PASER UTARA – Bendungan Sepaku Semoi yang sedang dibangun di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, dapat menjadi sumber listrik bagi Desa Nosentra, desa masa depan Indonesia yang hebat. .

Bendungan Sepaku Semoi diharapkan bisa menjadi sumber listrik kota kepulauan itu, kata Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono di Panjam, Senin.

Bendungan Sepaku Semoi yang kini telah rampung 100 persen, akan dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga surya (PLS) terapung (PLS) berkapasitas 100 megawatt (MW) untuk mendukung pasokan listrik di kota Nosentra.

Bendungan Sepaku Semoi juga mengendalikan banjir, kata dia, terutama di wilayah hilir sungai yang masih sering terjadi banjir. Bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 2.000 liter per detik untuk kebutuhan air bersih Kota Nosentra, dan 500 liter per detik untuk kebutuhan air bersih Kota Balikpapan. 

“Bendungan Sepaku Semoi dibangun untuk memberikan pasokan air yang baik bagi kota Nusantara dan sekitarnya,” ujarnya.

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi telah selesai dan kini dalam proses penimbunan dan diperkirakan dalam dua hingga tiga hari bendungan tersebut akan terisi.

Presiden Joko Widodo pada 21 September 2023 memutar pegangan penghentian air, sebagai tanda dimulainya pengisian Bendungan Sepaku Semoi. Penambalan Bendungan Sepaku Semoi telah berlangsung sejak tahun 2023. Penambalan bendungan diharapkan dapat segera selesai.

Setelah waduk terisi, lanjutnya, dapat digunakan sebagai sumber air baku utama untuk pengolahan air tawar di Kota Nocentra.

Bendungan yang pembangunannya menelan biaya sekitar Rp 556 miliar ini, selain memenuhi kebutuhan air bersih warga kota Nosentra dan sekitarnya, juga dapat digunakan sebagai sumber listrik dan pengendali banjir.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %