Air Putih Hingga Kopi, Ini 6 Minuman Terbaik untuk Turunkan Kadar Gula Darah

Read Time:3 Minute, 8 Second

warriorweeknow Lifestyle – Bukan hanya apa yang Anda makan, tapi apa yang Anda minum juga mempengaruhi kadar gula darah. Bila ingin menurunkan gula darah, hindari minuman manis seperti soda, jus buah kemasan, dan teh manis.

Namun, banyak minuman lain yang sebenarnya dapat memberikan efek positif pada metabolisme Anda. Apa pun? Inilah 6 Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Diposting oleh Makan Sehat pada Kamis, 25 Januari 2024 Yuk, gulir terus.

Tak hanya bebas kalori, air putih juga memberikan manfaat penting untuk pengendalian gula darah, yaitu hidrasi. Minum air mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar enam persen. Temuan tinjauan dan meta-analisis tahun 2021 dalam Diabetes dan Sindrom Metabolik: Penelitian dan Tinjauan Klinis.

Menariknya, air dapat meningkatkan volume darah, sehingga mendorong pelepasan asam amino yang memengaruhi pengendalian gula darah. Hubungan ini menjadi lebih kuat ketika orang beralih dari minuman manis (seperti soda) ke air putih. Hal ini karena dapat mengurangi gula dan kalori, sehingga membantu pasien menjaga berat badan yang sehat dan membantu mengontrol gula darah.

Kopi Baik Anda meminum secangkir kopi berkafein atau tanpa kafein, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, menurut sebuah studi tahun 2019 di jurnal Nutrients.

Mengapa senyawa tumbuhan yang dikenal sebagai fitokimia dalam kopi dapat mendukung sel-sel sehat di hati dan pankreas, melindungi dari perlemakan hati dan menjaga fungsi insulin (kunci pengatur gula darah).

Satu hal yang perlu diingat, apa yang Anda masukkan ke dalam kopi itu penting. Jika ada gula di dalam kopi, maka manfaatnya akan hilang. Jika Anda tidak menyukai kopi hitam tanpa pemanis, cobalah metode membuat kopi dengan kayu manis yang disetujui ahli diet.

Menurut penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Antioxidants, teh hitam dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes dan komplikasinya. Senyawa teh dapat membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Para peneliti juga mengatakan bahwa bahan teh ini suatu hari nanti dapat dikembangkan menjadi produk untuk membantu mengelola diabetes.

Sebagian besar penelitian telah dilakukan pada teh hitam, teh oolong, dan teh hijau. Jadi, jika Anda ingin menurunkan gula darah, pilihlah makanan berikut ini. Seperti halnya kopi, batasi gula dengan madu. Jika teh hitam terlalu pahit, lebih baik dicampur dengan teh.

Teh Hijau Minum teh hijau sedikit menurunkan kadar gula darah. Hal ini ditangkap dalam meta-analisis tahun 2020 dari 27 uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan di Nutrisi dan Metabolisme.

Katekin dalam teh hijau menghambat penyerapan karbohidrat selama pencernaan. Selain itu, dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan mengurangi stres oksidatif, yang semuanya dapat membantu menurunkan gula darah.

Menurut studi tahun 2018 di Diabetes/Metabolism Research and Reviews in Milk, protein susu sapi dapat membantu mengurangi respons glukosa darah postprandial pada individu penderita diabetes dan nondiabetes.

Protein tersebut antara lain kasein dan whey, yang dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan respons insulin, sehingga berdampak positif pada kadar gula darah. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat bagaimana konsumsi susu memengaruhi kadar A1C (tes darah yang digunakan untuk mendiagnosis diabetes).

American Diabetes Association merekomendasikan untuk memilih susu bebas lemak atau rendah lemak (yang mengontrol lemak jenuhnya). Selain itu, menurut USDA, susu mengandung 12 gram karbohidrat dalam 1 cangkir susu.

Sebuah uji coba kecil terkontrol secara acak yang diterbitkan pada tahun 2020 di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition mengevaluasi jus tomat pada 25 wanita sehat. Mereka minum sekitar 7 ons jus tomat 30 menit sebelum sarapan kaya karbohidrat. Hasilnya, partisipan mengalami kadar gula darah yang lebih rendah setelah mengonsumsi jus tomat dibandingkan non partisipan.

Meski jus tomat menambah kalori, serat dalam tomat membantu pencernaan dan mengurangi lonjakan gula darah setelah makan. Tambahkan batang seledri, jus tomat sempurna. Polisi menangkap pengemudi Starling dan Osol yang gagal hanyut Polisi menangkap pengemudi mobil yang menabrak Starling atau penjual kopi karena gagal hanyut di kawasan Pondok Indah. warriorweeknow.co.id 10 April 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Sakit Hati Karena Perkataan Orang Tua Menurut Islam, Ini Cara Mengatasinya
Next post 6 Cara Hadapi Curhat Penderita Anxiety Disorder, Perhatikan Gejala Fisiknya