0 0
6 Resep Kulit Risol Tanpa Pengawet dan Anti Robek, Sajian Enak dan Tahan Lama saat Lebaran - PORTAL BERITA

6 Resep Kulit Risol Tanpa Pengawet dan Anti Robek, Sajian Enak dan Tahan Lama saat Lebaran

Read Time:6 Minute, 12 Second

warriorweeknow, Jakarta Lebaran semakin dekat dan salah satu menu yang wajib ada di meja makan adalah nasi. Namun, membuat kulit tahan retak dan sobek tidaklah mudah. Resep risotto yang mudah dibuat, bebas bahan pengawet, dan tidak sobek mungkin bisa mengatasi masalah ini. Dengan menggunakan bahan-bahan alami dan mengikuti langkah-langkah yang benar, kita bisa menciptakan adonan yang enak dan tahan lama.

Resep risole memiliki satu bahan utama yaitu tepung terigu. Namun, agar kulit pie lebih elastis dan tidak mudah sobek, Anda bisa mencampurkan tepung terigu dengan tepung sagu atau tepung kanji. Selain itu, menguleninya secara merata dengan air dingin juga akan membantu menguatkan kulit beras.

Tak hanya itu, penggunaan minyak sayur atau mentega saat menguleni adonan juga bisa membantu, sehingga adonan menjadi lembut dan kecil kemungkinannya pecah. Dengan resep nasi renyah yang simpel dan praktis ini, semakin mudah menyajikan nasi yang enak dan tahan lama saat lebaran. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba resep ini dan menjadi chef risotto di rumah!

Berikut kumpulan formula kulit Liputan yang dirangkum dari berbagai sumber, per Rabu (21 Februari 2024) dari warriorweeknow.​

Bahan baku:

– 250g tepung terigu protein tinggi

– 500ml air

– 1 sendok makan margarin cair

– 1/2 sendok teh garam

– 1 butir telur

– Jumlah minyak yang tepat

Cara pembuatan: Campur tepung dan garam dalam mangkuk. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan tidak menggumpal. Tambahkan margarin cair dan telur, aduk hingga semua bahan tercampur. Panaskan wajan anti lengket lalu tuang adonan ke dalam wajan sesuai selera. Sebarkan campuran dalam lapisan tipis di atas wajan dan angkat setelah matang.

Ikuti resep di atas maka sekam padi Anda akan menjadi lebih elastis, tidak mudah sobek, dan nikmat dinikmati bersama keluarga saat lebaran. Semoga beruntung! 2. Resep Kulit Rissol Mayones

Bahan baku:

– 200 gr tepung terigu

– 2 telur

– 400ml air

– 1 sendok makan minyak sayur

– 1/2 sendok teh garam

– 1 sendok teh aroma

Petunjuk: Campurkan tepung, telur, air, minyak sayur, garam dan bumbu dalam mangkuk. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan. Panaskan wajan dan olesi dengan sedikit minyak sayur. Sendokkan campuran kerak nasi ke dalam wajan. Gulung adonan menjadi bulat tipis dan diamkan hingga matang. Keluarkan kulit dari saus goreng mayonaise dan siapkan isiannya.

Dengan resep kerak nasi mayonaise ini, Anda bisa membuat sendiri kerak nasi bebas bahan pengawet yang lebih sehat secara alami. Semoga beruntung! 3. Formula Kulit Risol Flex

Bahan baku:

– 250g tepung terigu protein tinggi

– 1 sendok makan minyak sayur

– 1/2 sendok teh garam

– 400ml air

Petunjuk: Campurkan tepung dan garam dalam mangkuk besar. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan bebas gumpalan. Tambahkan minyak sayur ke dalam adonan dan aduk hingga adonan halus. Panaskan wajan, tuang adonan secukupnya lalu ratakan dengan spatula. Biarkan adonan mengeras dan mengering di atas loyang, lalu angkat dan dinginkan.

Mengikuti langkah-langkah di atas, kerak nasi yang lembut siap dijadikan nasi favorit keluarga Anda. Semoga Anda beruntung dan menikmati makanan lezat selama Idul Fitri!

Bahan baku:

– 200 gr tepung terigu

– 50 gr tepung maizena

– 1/2 sendok teh garam

– 400ml air

– Menggoreng

Petunjuk: Campurkan tepung terigu, tepung maizena, dan garam dalam mangkuk. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan bebas gumpalan. Panaskan wajan dan olesi dengan sedikit minyak. Tuang sekitar 2 sendok makan adonan ke dalam loyang dan segera oleskan adonan hingga membentuk lapisan tipis. Biarkan nasi garing hingga matang, lalu angkat dan sajikan.

Dengan resep ini kamu bisa membuat cangkang tanpa telur yang mudah dan tidak mudah sobek. Nikmati nasi bersama Bajram dan berbahagialah! 5. Formula Kulit Risol Susu UHT

Bahan baku:

– 200 ml susu UHT

– 100 gr tepung terigu

– 1 butir telur

– 1/2 sendok teh garam

Persiapan: Panaskan susu UHT hingga suam-suam kuku, jangan sampai mendidih. Campurkan tepung, telur, dan garam dalam mangkuk besar. Tuang susu UHT hangat ke dalam adonan tepung sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan menggumpal. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil, lalu tuang satu sendok makan adonan ke dalam wajan dan oleskan tipis-tipis ke kerak. Biarkan jajangmyeon mengeras dan matang, lalu angkat dan dinginkan sebelum digunakan dalam pembuatan jajangmyeon.

Dengan resep risotto susu UHT ini, Anda dapat dengan mudah membuat risotto tanpa mengkhawatirkan konsistensi dan keawetannya. Nikmati nasi bersama Bajram dan berbahagialah! 6. Formula Kulit Risol Lembut

Bahan baku:

– 250 gr tepung terigu

– 1 butir telur

– 500ml air

– 1/2 sendok teh garam

– 1 sendok makan minyak goreng

Cara membuat: Panaskan air dalam panci, tambahkan garam dan minyak goreng, lalu aduk hingga rata. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis. Saat campuran mengental, angkat dari api dan biarkan dingin. Setelah dingin, masukkan telur ke dalam adonan dan aduk hingga adonan rata. Panaskan teflon atau wajan antilengket, tuang adonan dan ratakan hingga adonan encer. Setelah matang, angkat dan kerak nasi siap digunakan.

Dengan resep rissol kulit yang mudah dan praktis ini, Anda bisa membuat camilan lezat untuk keluarga saat lebaran tanpa harus khawatir dengan bahan pengawet. Semoga beruntung! Roti tawar risol mayonaise

Bahan baku:

– Roti biasa, takaran secukupnya

– 150 gr ayam cincang

– 1 buah wortel, potong kecil-kecil

– 1 buah kentang, potong kecil-kecil

– 2 siung bawang putih, cincang

– 50 gr keju parut

– 1 sendok makan mayones

-Garam, merica, dan kaldu ayam bubuk secukupnya

– Menggoreng

– Telur dan tepung roti, untuk melapisi nasi

Cara Membuat: Tumis bawang putih hingga harum, masukkan ayam cincang, masak hingga berubah warna. Tambahkan wortel dan kentang, aduk rata dan masak hingga matang. Tambahkan garam, merica, dan ayam bubuk lalu aduk rata. Angkat dari api, tambahkan keju parut dan mayones, lalu aduk hingga adonan rata. Ambil sepotong roti tawar, ratakan dengan rolling pin, isi dengan ayam dan gulung. Celupkan saus goreng ke dalam telur, gulingkan di tepung roti dan goreng hingga berwarna cokelat keemasan. Sajikan Roti Risol Mayones hangat dengan sambal atau saus tomat.

Dengan resep ini, Anda bisa dengan mudah membuat bungkus jajang tidak sobek yang nikmat di hari raya Idul Fitri. Semoga beruntung! 2. Nasi pastrami dengan mayonaise

Risol Pastrami dengan Mayones menjadi pilihan tepat untuk santap lebaran. Dengan renyahnya sekam padi dan isian pastrami yang lembut, sajian ini pasti menjadi favorit keluarga saat lebaran. Berikut resep praktis membuat sekam padi yang sederhana, bebas bahan pengawet, dan tidak mudah sobek.

Bahan baku:

– 200 gr pastrami, potong kecil-kecil

– 5 butir telur, rebus dan cincang

– 1 wortel, cincang halus

– 2 batang seledri, cincang

– Pembungkus lumpia

– Menggoreng

Petunjuk: Campurkan pastrami, telur rebus, wortel parut, dan seledri cincang dalam mangkuk. Ambil bungkus lumpia, letakkan sedikit adonan pastrami di salah satu ujungnya, lalu lipat sisi kiri dan kanan ke dalam. Gulung bungkus lumpia hingga seluruh adonan tertutup, lalu tambahkan sedikit air pada ujung bungkus lumpia agar menempel. Tuang minyak ke dalam wajan, panaskan minyak dan goreng bakso hingga berwarna cokelat keemasan.

Risol Pastrami Mayones cocok dipadukan dengan hidangan lebaran. Dengan resep ini, Anda bisa dengan mudah membuat adonan yang renyah dan isian pastrami yang enak tanpa menggunakan bahan pengawet. Semoga beruntung! 3. Tortilla Jagung Manis

Bahan baku:

– Tersedia kulit risol

– Serpihan jagung manis

– mayones

-Lada, garam dan gula pasir secukupnya

– Menggoreng

Petunjuk: Campur jagung manis dengan mayonaise, merica, garam dan gula dalam mangkuk. Blender hingga halus. Ambil sepotong adonan dan letakkan satu sendok makan adonan jagung manis di atasnya. Lipat adonan menjadi segitiga, pastikan ujung-ujungnya terlipat rapi. Ulangi langkah di atas hingga semua bahan habis. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng nasi hingga berwarna cokelat keemasan. Jadikan nasi jagung manis hangat sebagai menu lebaran Anda.

Mayones Jagung Manis memiliki resep sederhana dan bahan sederhana sehingga cocok menjadi tambahan nikmat untuk santapan lebaran Anda. Semoga beruntung!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %