5 Tips Sahur untuk Penderita Asam Lambung, Bikin Puasa Nyaman

Read Time:1 Minute, 32 Second

JAKARTA – Sahur biasanya dilaksanakan sebelum umat Islam berpuasa di bulan Ramadhan. Dianjurkan untuk bangun pagi untuk mendengarkan doa.

Ada beberapa anjuran yang bisa dilakukan saat sahur, terutama bagi mereka yang menderita asam lambung. Saat berpuasa Ramadhan dan berbuka sahur, makan berlebihan dan gizi buruk bisa menyebabkan sakit perut.

Hal ini meningkatkan jumlah asam yang diproduksi lambung. Oleh karena itu, jangan makan apapun saat sahur agar lebih aman dan nyaman.

Lalu apa saja rekomendasi sahu untuk penderita sakit maag? Ulasan tersebut dilansir berbagai sumber pada Selasa (12/3/2024).

1. Makan makanan bergizi di pagi hari dan jangan makan berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan di pagi hari membuat perut bekerja lebih keras dan menyebabkan gas di perut meningkat. Sakit perut, bisa menyebabkan kram perut dan rasa tidak nyaman.

2. Kunyah makanan Anda dengan baik dan hindari makanan cepat saji. Mengunyah menghilangkan air liur dan lendir serta melindungi lapisan esofagus dan lambung dari asam lambung.

Mengonsumsi makanan terlalu cepat dapat menyebabkan Anda menelan udara dan menyebabkan sembelit. Menjaga porsi kecil hingga sedang di piring Anda adalah ide bagus untuk membatasi asupan makanan.

3. Hindari makanan berlemak dan pedas. Anda juga harus menghindari makanan berlemak dan pedas. Pasalnya, makanan tersebut mengganggu sistem pencernaan.

Cobalah untuk mengurangi asupan gula Anda; Gula berubah menjadi lemak dan dapat meningkatkan berat badan serta kadar kolesterol. Hal ini dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan refluks asam lambung.

4. Hindari langsung tidur setelah makan sahu. Hal ini dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

Hal yang sama berlaku saat Anda berpuasa. Sebaiknya menunggu 2-3 jam setelah makan sebelum tidur.

5. Bagi yang mengonsumsi obat jangka panjang, konsultasikan dengan dokter selama bulan Ramadhan.

Antasida saat sahur, mungkin Lanjutkan penggunaan obat-obatan yang dijual bebas seperti antihistamin dan penghambat pompa proton. Dapat mengurangi produksi asam lambung dan peradangan, mencegah sakit perut dan mulas.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Guru yang Aniaya Siswa 2 Hari Akhirnya Ditangkap Polisi
Next post 5 Green Flag Dalam Hubungan, Tanda Hubungan Sehat dan Berpotensi Langgeng