5 Negara yang Berbatasan Langsung dengan Israel, Mayoritas Negara Muslim

Read Time:2 Minute, 24 Second

warriorweeknow Educasi – Palestina kini menjadi negara yang menjadi sorotan dunia, gara-gara penyerangan tentara Zionis Israel yang terus berlanjut hingga saat ini. Banyak negara Muslim yang berbatasan dengan Israel.

Sesuai namanya, mereka semua pernah terlibat konflik bersenjata di masa lalu. Israel adalah sebuah negara di Asia Barat. Melihat ke belakang, mereka mendeklarasikan diri sebagai negara merdeka pada tahun 1948.

Israel memiliki banyak perbatasan di wilayahnya dengan negara-negara lain di dunia. Di antara sekian banyak negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam adalah: 1. Lebanon

Britannica memberitakan pada Senin, 20 November 2023, wilayah Lebanon berbatasan dengan Suriah di utara dan timur serta Israel di selatan.

Perbatasan Lebanon dengan Israel memiliki panjang sekitar 79,1 kilometer di bagian selatan wilayah tersebut. Jika dipikir-pikir, perbatasan tersebut didirikan pada tahun 1949 sebagai bagian dari perjanjian setelah perang Arab-Israel.

Selain itu, perbatasan antara Lebanon dan Israel disebut “Garis Hijau”. Namun kawasan perbatasan ini tidak dijadikan sebagai perbatasan resmi kedua negara. Belakangan ini, perbatasan antara Lebanon dan Israel nampaknya sangat panas.

Ini merupakan pemutusan ketegangan antara kelompok militan Hizbullah dan militer Tel Aviv. Seperti diketahui, sebelumnya pernah terjadi perang antara Israel dan Hamas. Dengan dalih solidaritas terhadap rakyat Palestina, Hizbullah di Lebanon juga mengancam Israel 2. Suriah

Suriah berbatasan dengan Israel di bagian timur laut wilayahnya. Merujuk Atlas Dunia, panjang perbatasannya sekitar 77 kilometer. Hubungan antara Israel dan Suriah telah lama tegang.

Setelah perang 6 hari pada tahun 1967, dilakukan perundingan antara kedua negara. Di satu sisi, Suriah ingin merebut kembali Dataran Tinggi Golan yang sebelumnya diduduki. Pada saat yang sama, Israel menyerukan pengertian dan hubungan damai dengan Suriah. Mesir

Berikutnya adalah Mesir. Dilihat dari sejarah, negara ini juga pernah mengalami konflik dengan Israel, termasuk beberapa perang besar.

Perbatasan antara Mesir dan Israel dimulai dari tiga titik (jalur Gaza – Israel – Mesir), yaitu bagian selatan pantai Mediterania. Kawasan perbatasan berakhir ketika mencapai Teluk Aqaba di sepanjang pantai timur Semenanjung Sinai. Ada satu hal yang menarik di perbatasan antara Mesir dan Israel.

Perlindungan tinggi tersedia untuk jarak 152 mil. Pagar itu dibangun oleh pemerintah Israel. Tujuannya adalah untuk membatasi imigrasi pengungsi ilegal dari negara-negara Afrika. Yordania

Seperti negara-negara Arab lainnya, Yordania memiliki konflik dengan Israel. Konflik kedua negara terjadi pada tahun 1948 hingga tahun 1990-an.

Namun seiring berjalannya waktu, kedua negara memutuskan untuk berdamai. Dalam satu perjanjian yang tertunda, perbatasan resmi antara Yordania dan Israel ditetapkan dengan jelas di timur dan tenggara. Palestina

Tepi Barat dan Gaza merupakan wilayah sengketa antara Palestina dan Israel. Dalam hal ini, keduanya mengklaim bahwa ruang angkasa adalah bagian darinya.

Israel mulai mengklaim wilayah tersebut setelah perang Arab-Israel pada tahun 1967. Hingga saat ini, sering terjadi bentrokan yang seringkali mengakibatkan kematian warga sipil. Menjelang Hari Kebebasan Pers Sedunia, Gaza berduka atas 140 jurnalis yang tewas dalam serangan Israel, 141 jurnalis Palestina tewas dan 70 luka-luka dalam perang Israel yang sedang berlangsung. Sementara itu, Israel menahan 20 jurnalis lainnya. warriorweeknow.co.id 3 Mei 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Harga Melonjak, Kementan Pastikan Pasokan Cabai Aman Jelang Ramadhan
Next post Bakal Rights Issue, Ini Penjelasan WIKA