5 Green Flag Dalam Hubungan, Tanda Hubungan Sehat dan Berpotensi Langgeng

Read Time:2 Minute, 56 Second

warriorweeknow, Jakarta – Saat menjalin hubungan, penting untuk mengenali tanda-tanda positif dalam hubungan Anda, tanda-tanda positif dalam suatu hubungan sering disebut dengan bendera hijau. Jadi, bukan hanya tanda-tanda keracunan seperti ghosting atau gaslight saja yang perlu diwaspadai. Tanda-tanda positif seperti ini bisa menjadi pertanda bahwa hubungan Anda berpotensi menjadi hubungan yang langgeng.

Yuk pelajari 5 Bendera Hijau dalam Hubungan seperti dilansir Verywell Mind pada Senin, 18 Maret 2024.

1. Saling percaya

Salah satu indikator kunci hubungan yang sehat adalah rasa percaya yang mendalam satu sama lain. Pasangan Anda menunjukkan tanggung jawab dengan konsisten dalam tindakannya.

Misalnya, jika mereka berjanji akan menjemput Anda, mereka selalu tepat waktu. Memiliki kepercayaan yang kuat pada pasangan adalah aspek penting dari hubungan yang sehat.

Anda dapat mempercayai pasangan Anda dengan berbagi cerita sehari-hari dan perasaan yang mendalam. Hal ini menciptakan hubungan yang jujur, terbuka dan penuh perhatian.

2. Pertahankan batasan

Karena saling menghormati, kamu tidak akan merasa iri jika pasangan berteman dengan orang lain. Jika Anda membutuhkan waktu sendiri, pasangan Anda tidak akan merasa terancam.

“Batasan membantu Anda menentukan siapa diri Anda, perilaku apa yang dapat dan tidak dapat Anda terima, dan bagaimana orang lain memperlakukan Anda,” kata Ivy Kwong, psikoterapis dan pelatih LMFT.

Kwong menambahkan bahwa mengomunikasikan batasan, kebutuhan, dan keinginan dengan keberanian dan kejelasan, serta menghormati batasan orang lain dan diri sendiri, adalah lampu hijau dalam suatu hubungan.

Jika pasangan Anda aktif di media sosial saat Anda berbicara, ini mungkin menunjukkan kurangnya keterlibatan dalam percakapan. Sebaliknya, jika dia selalu menghadap Anda, berikan perhatian penuh dan lakukan kontak mata saat bercerita, yang menunjukkan keterlibatan dan penghargaan. Hal ini menunjukkan rasa hormat dalam hubungan.

Selama percakapan, jika perasaan Anda dipahami dan dihargai dengan empati, itu merupakan tanda penting validitas emosional. Dalam hubungan yang baik, kedua belah pihak harus merasa diterima dan pikiran serta perasaan mereka dihargai.

“Ketika Anda jujur ​​tentang apa yang Anda mampu, apa yang tidak bisa Anda lakukan, dan dukungan serta perhatian yang Anda butuhkan, Anda akan menghargai diri sendiri dan orang lain,” kata Kwong.

Jika Anda tidak mengartikulasikan apa yang Anda inginkan, kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkannya. Jadi, jujurlah tentang apa yang Anda inginkan.

Setiap hubungan biasanya mengalami pasang surut. Namun, menurut pakar hubungan John Guttman, untuk setiap momen negatif dalam hubungan yang berkembang, seperti pernikahan yang stabil dan bahagia, terdapat lima atau lebih momen positif. Ini tandanya Anda dan pasangan cocok dan hampir selalu bersama.

Misalnya, pasangan Anda adalah orang pertama yang ingin Anda sampaikan kabar baik, dan juga merupakan sahabat Anda. Tanda lainnya adalah Anda sangat menikmati menghabiskan waktu melakukan sesuatu (bahkan tidak melakukan apa pun). Mungkin Anda sudah tidak sabar untuk kembali memeluk atau mencium pasangan karena merasa terhubung dengannya.

Perasaan dekat dapat disebabkan oleh bentuk kasih sayang dan keintiman yang berbeda-beda. Jika Anda memiliki tanda-tanda ini dalam suatu hubungan, kemungkinan besar Anda berada dalam hubungan yang sehat dan bermanfaat yang akan menghasilkan kebahagiaan jangka panjang.

Tanda bendera hijau lainnya adalah ikatan intim Anda dengan pasangan semakin kuat saat Anda merasa bersyukur. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa ada hubungan antara perasaan dihargai dalam suatu hubungan dan memperhatikan kebutuhan pasangan.

Temuan ini menunjukkan bahwa ketika seseorang merasa dihargai oleh pasangannya, mereka akan lebih memperhatikan kebutuhan pasangannya dan menghormatinya. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa rasa bersyukur dapat menumbuhkan rasa syukur terhadap pasangan sekaligus meningkatkan loyalitas dalam hubungan jangka panjang.

Bersyukur juga membuat Anda lebih bahagia. Mengungkapkan rasa syukur dengan cara yang sama seperti yang Anda harapkan dari pasangan dapat memperkuat ikatan emosional dan membawa kebahagiaan yang berkelanjutan bagi Anda berdua.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post 5 Tips Sahur untuk Penderita Asam Lambung, Bikin Puasa Nyaman
Next post Alasan Tersembunyi Gareth Southgate Jadi Favorit Gantikan Erik ten Hag di Manchester United Terungkap