0 0
3 Nomor Penting Buat Daftar KIP Kuliah 2024, Begini Syarat dan Cara Daftarnya - PORTAL BERITA

3 Nomor Penting Buat Daftar KIP Kuliah 2024, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

Read Time:2 Minute, 1 Second

Jakarta – Inilah 3 nomor penting untuk mendaftar KIP Kulia 2024. KIP Kulia merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi namun terkendala biaya. Bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kulia diharapkan dapat menekan biaya pendidikan.

Seluruh siswa SMA dan SMK yang terdaftar di KIP Kulia harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Misalnya dari keluarga berpendapatan rendah dan lulus pada tahun 2024, 2023, dan 2022. Selain itu ada syarat lain yang harus dipenuhi yakni apa saja yang dimaksud dengan masuknya tiga tokoh penting di halaman KIP Kulia? Artikel kali ini akan membahas 3 Nomor Penting untuk Daftar KIP Kulia 2024, Simak!

3 Angka Penting Daftar KIP Kuliah 2024

1. VIN

NIK adalah nomor tanda pengenal kependudukan yang berupa nomor tanda pengenal yang unik atau khas, unik dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia. Nomor ini bisa Anda cek pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) di atas.

2.NISN

NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional. Nomor tersebut bisa Anda dapatkan dengan masuk ke laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ dan masukkan nama Anda, nama gadis, tempat dan tanggal lahir serta nama ibu.

3.NPSN

Nomor Induk Sekolah Nasional (NPSN) merupakan kode identifikasi sekolah yang memiliki ciri khas di Indonesia dan diakui di seluruh tanah air untuk membedakan sekolah satu dengan sekolah lainnya. Anda dapat mengecek nomor NPSN sekolah dengan mengunjungi https://dapo.kemdikbud.go.id/pecarian.

Cara Daftar KIP Perguruan Tinggi 2024

1. Mahasiswa dapat segera mendaftar di halaman sistem KIP Kuliah kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau secara mandiri melalui aplikasi mobile KIP Kuliah.

2. Pada saat registrasi, mahasiswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif (NIK digunakan untuk menjaring data sosial ekonomi pada Data Ruang Sosial Terpadu (SIDS) Kementerian Sosial). Mahasiswa yang terdaftar/tidak terdaftar pada DTKS wajib melengkapi Informasi Ekonomi dan Kekayaan.

3. Kemudian sistem KIP Kulia akan mengkonfirmasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan menerima KIP Kulia.

4. Jika proses verifikasi berhasil, sistem KIP Kulia akan mengirimkan nomor registrasi dan kode akses ke alamat email yang terdaftar.

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kulia dan memilih jalur alternatifnya.

6. Mahasiswa kemudian menyelesaikan proses pendaftaran pada portal atau Sistem Informasi Seleksi Nasional untuk memasuki pendidikan tinggi pada jalur pilihan pilihannya. Sinkronisasi dengan sistem selanjutnya akan dilakukan menggunakan skema host-to-host.

7. Calon penerima KIP Kulia yang telah diterima di Universitas dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Universitas sebelum ditawarkan sebagai calon penerima KIP Kulia.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %