0 0
12 Fakta Menarik Bison, Hewan Asli Amerika - PORTAL BERITA

12 Fakta Menarik Bison, Hewan Asli Amerika

Read Time:4 Minute, 34 Second

JAKARTA – Sejumlah fakta tentang bison akan membuka wawasan kita tentang hewan eksotik asal Amerika ini. Salah satunya terkait penetapan bison sebagai mamalia nasional sejak 9 Mei 2016. Menyusul elang botak sebagai lambang resmi negara.

Pada zaman prasejarah, jutaan bison berkeliaran di Amerika Utara, dari hutan Alaska dan padang rumput Meksiko hingga Great Basin Nevada dan Pegunungan Appalachian bagian timur. Kisah-kisah mereka terkait dengan banyak komunitas suku asli.

Namun pada akhir abad ke-19, hanya ada beberapa ratus bison di Amerika Serikat, setelah pemukim Eropa memaksa mereka ke barat, mengurangi habitat hewan tersebut dan memburu mereka hingga hampir punah.

Laman Departemen Dalam Negeri AS, Rabu (13/3/2024), jika bukan karena kerja keras sejumlah pihak bersama suku asli, pemerintah negara bagian, dan Kementerian Dalam Negeri, bison akan terancam. menjadi. menghilang hari ini.

Berikut beberapa fakta menarik tentang bison yang terancam punah: 1. Ukurannya sangat raksasa

Bison adalah mamalia terbesar di Amerika Utara. Bison jantan memiliki berat hingga 2.000 pon dan tinggi 6 kaki, sedangkan bison betina memiliki berat hingga 1.000 pon dan tinggi 4-5 kaki. Bayi bison memiliki berat 30-70 pon saat lahir.

2. Melarikan diri dari kepunahan

Kawanan bison yang tersisa di Taman Nasional Gua Angin membantu menghidupkan kembali populasi bison di seluruh negeri. Ceritanya dimulai pada tahun 1905 dengan terbentuknya American Bison Society dan program penangkaran di Kebun Binatang Kota New York (sekarang Kebun Binatang Bronx).

Pada tahun 1913, American Bison Society memiliki cukup banyak bison untuk memulihkan kawanan bison yang modis. Bekerja sama dengan Departemen Dalam Negeri, 14 bison diberikan ke Taman Nasional Gua Angin di South Dakota. Lebih dari 100 tahun kemudian, bison dari Gua Angin membantu mengembangkan kawanan bison lainnya di seluruh Amerika Serikat dan baru-baru ini di Meksiko.

Menteri Dalam Negeri menjadi pengelola utama konservasi bison nasional. Lahan publik yang dikelola oleh Departemen Dalam Negeri mendukung 17 kawanan bison—atau sekitar 10.000 bison—di 12 negara bagian, termasuk Alaska. Jumlah ini mewakili sepertiga dari seluruh bison liar di Amerika Utara.

3. Sudah ada sejak zaman prasejarah

Taman Nasional Yellowstone adalah satu-satunya tempat di Amerika Serikat di mana bison terus hidup sejak zaman prasejarah. Apa yang membuat bison Yellowstone begitu istimewa adalah mereka merupakan keturunan bison awal yang berkeliaran di padang rumput Amerika.

Nenek moyang bison Amerika dapat ditelusuri kembali ke Asia Selatan ribuan tahun yang lalu. Bison tiba di benua Amerika dengan melintasi jembatan darat kuno yang menghubungkan Asia dan Amerika Utara pada masa Pliosen, sekitar 400.000 tahun yang lalu. Hewan purba ini lebih besar dari bison ikonik yang kita cintai saat ini. Catatan fosil menunjukkan bahwa bison purba, Bison latiforns, memiliki tanduk sepanjang 9 meter dari ujung ke ujung.

Pada tahun 2021, populasi bison di Yellowstone diperkirakan mencapai 5.450 ekor – populasi bison terbesar di lahan publik. Populasi ini dibiarkan berkeliaran dengan relatif bebas di seluruh lanskap luas Taman Nasional Yellowstone dan beberapa wilayah terdekat di Montana.

4. Anak sapi bison merah

Anak sapi bison cenderung lahir pada akhir bulan Maret hingga Mei dan berwarna oranye-merah, sehingga mereka mendapat julukan “anak sapi bison merah”. Setelah beberapa bulan, bulu ini mulai berubah warna menjadi coklat tua dan ciri khas bahu dan tanduk kepala mulai tumbuh.

5. Bison dan suku asli tidak bisa dipisahkan

Bison adalah bagian integral dari budaya suku, menyediakan makanan, pakaian, bahan bakar, peralatan, tempat tinggal dan nilai spiritual. Didirikan pada tahun 1992, Dewan Bison Antar Suku bekerja dengan Dinas Taman Nasional untuk memindahkan bison dari lahan taman nasional ke lahan suku.

6. Sikap Bison

Suasana hati seekor bison dapat dinilai dari ekornya. Jika ekornya menggantung dan bergerak secara alami, bison biasanya diam. Jika ekornya vertikal, perhatian! Mungkin dia siap menyerang. Apa pun yang dilakukan bison, ingatlah bahwa mereka tidak dapat diprediksi dan dapat menyerang kapan saja.

7. Hewan yang cepat

Bison mungkin besar, tapi mereka juga cepat. Mereka dapat berlari dengan kecepatan hingga 35 mil per jam. Selain itu, mereka sangat lincah. Bison dapat berbelok dengan cepat, melompati pagar tinggi dan berenang dengan kuat.

8. Cari makanan 9-11 jam sehari

Bison terutama memakan rumput, gulma, dan tanaman berdaun. Bison biasanya makan selama sembilan hingga 11 jam sehari. Itu sebabnya punuk besar bison yang menonjol berguna di musim dingin. Punuk tersebut memungkinkan bison mengayunkan kepalanya dari sisi ke sisi untuk membersihkan salju, terutama untuk menghasilkan remah-remah makanan.

9. Pemburu yang bertobat

Dari pemburu hingga pelestari lingkungan, Teddy Roosevelt membantu menyelamatkan bison dari kepunahan. Pada tahun 1883, Teddy Roosevelt melakukan perjalanan ke Dakota untuk berburu bison. Setelah bertahun-tahun di Barat, Roosevelt kembali ke New York dengan pandangan hidup yang baru. Dia membuka jalan bagi gerakan konservasi, dan pada tahun 1905, bersama William Hornaday, dia mendirikan American Bison Society untuk menyelamatkan bison yang semakin langka. Saat ini, bison hidup di seluruh 50 negara bagian, termasuk tanah suku, reservasi, taman nasional, dan tanah pribadi.

10. Bison berumur panjang

Bison bisa hidup hingga 20 tahun. Umur rata-rata bison adalah 10-20 tahun, namun ada juga yang bisa hidup lebih lama. Bison mulai berumur dua tahun dan hanya memiliki satu anak dalam satu waktu. Untuk pejantan, usia kawin terbaik adalah enam hingga 10 tahun.

11. Mandi debu

Bison berguling-guling di debu untuk mencegah gigitan lalat dan membantu merontokkan bulu. Bison jantan juga mandi debu saat musim kawin untuk meninggalkan aromanya dan menunjukkan kekuatannya.

12. Wajah buruk

Bison memiliki penglihatan kabur. Namun, bison memiliki indra penciuman dan pendengaran yang sangat baik. Induk bison dan anak-anaknya berkomunikasi dengan geraman mirip babi, dan selama musim kawin, bison jantan dapat terdengar dari jauh. Inilah sederet fakta unik tentang bison yang pernah terancam punah.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %